Pendidikan
Karakter Yang Perlu Diterapkan Pada Anak
9 Pilar
Karakter menurut Ratna Megawangi (2004) sebagai pencetus pendidikan karakter di
Indonesia dan Direktur Jenderal
Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Prof. Suyanto, PhD:
- Cinta Tuhan dan kebenaran (love Allah, trust, reverence, loyality)
- Tanggung jawab, kedisiplinan dan kemandirian (responbility,excellence, self reliance, discipline, orderliness)
- Amanah (trustworthiness, realiability, honest)
- Hormat dan santun (respect, courtessy, obedience )
- Kasih sayang, kepedulian dan kerjasama (love, compassion, caring,empathy, generousity, moderation, cooperation)
- Percaya diri, kreatif dan pantang menyerah (confidence, assertiveness,creativity, resourcefulness, courage, determination and enthusiasm)
- Keadilan dan kepemimpinan (justice, fairness, mercy, leadership)
- Baik dan rendah hati (kindness, friendliness, humility, modesty)
- Toleransi dan cinta damai (tolerance, flexibility, peacefulness, unity)
Kita
membahas tentang Pilar Hormat dan Santun, yang ada pada point ke 4 Pilar
Karakter :
Konsep
hormat patuh (obedience) adalah:
- Mendengarkan nasehat orang tua dan guru.
- Mentaati peraturan yang diberikan.
Jadi, anak
yang hormat patuh adalah anak yang bersikap, berkata dan bertindak sesuai
dengan adat sopan santun dan mendengarkan serta mematuhi nasehat yang baik dari
orang tua dan guru. Anak yang patuh tidak melanggar aturan-aturan yang
diberikan oleh orang tua dan guru, baik di rumah, di sekolah maupun di
masyarakat, karena mematuhi peraturan adalah demi kebaikan kita semua sehingga
kita akan terhindar dari bahaya.
Konsep Sopan
Santun :
- Berkata dan berperilaku santun.
- Membuat orang lain merasa dihargai dan dihormati.
- Tidak sombong kepada orang lain.
Dengan
demikian, anak yang sopan santun adalah anak yangperilakunya membuat orang lain
merasa senang, dihargai dan dihormati.Mereka selalu menggunakan kata-kata
santun, tersenyum da memperlakukan orang lain dengan baik. Maka penulis
menyimpulkanbahwa pilar hormat dan santun adalah karakter menghargai dan
peduliterhadap orang lain yang ditanamkan dan dibentuk pada anak
Pilar
Karakter Menurut Westwood Elementary
Jumlah dan
jenis pilar yang dipilih tentu akan dapat berbeda antara satu daerah atau
sekolah yang satu dengan yang lain, tergantung kepentingan dan kondisinya
masing-masing. Sebagai contoh, pilar toleransi, kedamaian, dan kesatuan menjadi
sangat penting untuk lebih ditonjolkan karena kemajemukan bangsa dan negara.
Tawuran antarwarga, tawuran antaretnis, dan bahkan tawuran antarmahsiswa, masih
menjadi fenomena yang terjadi dalam kehidupan kita. Perbedaan jumlah dan jenis
pilar karakter tersebut juga dapat terjadi karena pandangan dan pemahaman yang
berbeda terhadap pilar-pilar tersebut. Sebagai contoh, pilar cinta Tuhan dan
segenap ciptaan-Nya tidak ditonjolkan, karena ada pandangan dan pemahaman bahwa
pilar tersebut telah tercermin ke dalam pilar-pilar yang lainnya. Itulah
sebabnya, ada sekolah yang memilih enam pilar yang akan menjadi penekanan dalam
pelaksanaan pendidikannya.
SD Westwood
menekankan pentingnya enam pilar karakter yang akan dikembangkan, yaitu:
- Trustworthiness (rasa percaya diri)
- Respect (rasa hormat)
- Responsibility (rasa tanggung jawab)
- Caring (rasa kepedulian)
- Citizenship (rasa kebangsaan)
- Fairness (rasa keadilan)
Definisi
pendidikan karakter ini lebih menekankan pentingnya tujuh pilar karakter
sebagai berikut;
- honesty (ketulusan, kejujuran)
- kindness (rasa sayang)
- generosity (kedermawanan)
- courage (keberanian)
- freedom (kebebasan)
- equality (persamaan), dan
- respect (hormat)
Dengan
demikian, pengertian karakter sebenarnya merupakan bagian dari kecerdasan ganda
yang dijelaskan Howard Gardner dengan teorinya kecerdasan ganda, yang meliputi
tujuh macam kecerdasan yang sering disingkat SLIM n BIL, yaitu:
- Spatial (keruangan)
- Language (bahasa)
- Interpersonal (hubungan dengan manusia lain dan lingkungan)
- Music (musik)
- Naturalist (naturalis – sayang kehidupan alam)
- Bodily Kinesthetics (olahraga – gerak badan)
- Intrapersonal (hubungan dengan diri sendiri)
- Logical Mathematics (logikal –matematis)
Kedelapan
tipe kecerdasan ganda menurut Howard Gardner tersebut terkait dengan potensi
universal manusia yang perlu dikembangkan melalui pendidikan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar